Blogger Widgets TENTANG MANAJEMEN: KERANGKA KERJA DAN KONSEP PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Tuesday, December 3, 2013

KERANGKA KERJA DAN KONSEP PENGAMBILAN KEPUTUSAN

           Pada suatu sistem keorganisasian, terdapat beberapa klasifikasi pengambilan keputusan. Pemahaman terhadap kerangka kerja atau konsep pengambilan keputusan akan memberikan nilai dalam pembahasan yang lebih dalam. Menurut Davis (1974) kerangka kerja untuk pengambilan keputusan tersebut meliputu hal-hal sebagai berikut.
  1. Sistem Pengambilan Keputusan                                                                                                           Sistem pengambilan keputusan adalah suatu cara atau prosedur tertentu, ketika suatu keputusan diambil oleh pembuatnya (biasanya manajer). Sistem pengambilan keputusan tersebut dapat dilakukan secara terbuka dan secara tertutup.
           Pertama sistem keputusan terbuka memandang suatu keputusan berada dalam suatu lingkungan yang kompleks dan sebagian tidak diketahui. Keputusan lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungan dan pada suatu saat terjadi sebaliknya dan pada suatu saat terjadi sebaliknya bahwa lingkungan lebih banyak dipengaruhi oleh keputusan. Manager dalam mengambil keputusan tidak selamanya harus logis dan sepenuhnya rasional, tetapi hanya dituntut untuk menunjukkan rasionalitas dalam batas yang dikemukakan oleh latar belakang pandangan atas alternatif, kemampuan menangani suatu model keputusan, dan sebagainya.
Manajer sebagai pengambil keputusan terbuka memiliki asumsi dasar, yaitu :
  • tidak mengetahui seluruh alternatif dan kekurangannya;
  • melakukan pencarian secara terbatas untuk menentukan beberapa alternatif
  • mengambil keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya.
         Kedua, sistem tertutup menganggap bahwa keputusan dipisah dan masukan yang tidak diketahui dan lingkungan. Pada sistem keputusan tertutup, manajer sebagai pengambil keputusan diasumsikan;
  • mengetahui seluruh perangkat alternatif dan keluarannya;
  • memiliki metode yang memungkinkan baginya untuk menentukan kronologi kepentingan seluruh alternatif sesuai urgensinya;
  • menentukan alternatif yang di pandang paling menguntungkan.

No comments:

Post a Comment