Pada suatu sistem keorganisasian, terdapat beberapa klasifikasi pengambilan keputusan. Pemahaman terhadap kerangka kerja atau konsep pengambilan keputusan akan memberikan nilai dalam pembahasan yang lebih dalam. Menurut Davis (1974) kerangka kerja untuk pengambilan keputusan tersebut meliputu hal-hal sebagai berikut.
- Sistem Pengambilan Keputusan Sistem pengambilan keputusan adalah suatu cara atau prosedur tertentu, ketika suatu keputusan diambil oleh pembuatnya (biasanya manajer). Sistem pengambilan keputusan tersebut dapat dilakukan secara terbuka dan secara tertutup.
Manajer sebagai pengambil keputusan terbuka memiliki asumsi dasar, yaitu :
- tidak mengetahui seluruh alternatif dan kekurangannya;
- melakukan pencarian secara terbatas untuk menentukan beberapa alternatif
- mengambil keputusan yang memuaskan tingkat aspirasinya.
- mengetahui seluruh perangkat alternatif dan keluarannya;
- memiliki metode yang memungkinkan baginya untuk menentukan kronologi kepentingan seluruh alternatif sesuai urgensinya;
- menentukan alternatif yang di pandang paling menguntungkan.
No comments:
Post a Comment