Blogger Widgets TENTANG MANAJEMEN: TANGGAPAN KEPUTUSAN

Tuesday, December 3, 2013

TANGGAPAN KEPUTUSAN

Berdasarkan kemampuan organisasi dalam mengadakan rencana atas proses pengambilan keputusan. Pada umumnya keputusan dapat digolongkan menjadi: keputusan terprogram dan keputusan tidak terprogram
  1. Keputusan terprogram
Yaitu keputusan yang dapat dispesifikasikan sebelumnya sebagai seperangkat norma atau prosedur keputusan. Keputusan terprogram dianggap dapat ditangani oleh sebuah program komputer karena norma untuk mencapai keputusan telah didefinisikan secara lengkap dan hanya nilai-nilai variabelnya yang harus menunggu bagi permasalah spesifik.

     2.  Keputusan tidak terprogram
Yaitu keputusan yang terjadi hanya satu kali atau berubah setiap saat diperlukan. Keputusan dalam sistem terbuka merupakan keputusan tidak terprogram karena tidak mungkin menspesifikasikan sebelumnya atas keseluruhan faktor. Keputusan tidak terprogram dapat berkisar keputusan satu kali berhubungan dengan terjadinya satu petaka yang tidak terduga sebelumnya, misalnya terjadinya sebuah perang didaerah organisasi berdomisili, sampai suatu keputusan sehubungan dengan permasalahan berulang yang sangat sering berubah sebagai norma keputusan tidak mungkin dirumuskan.
Manajer untuk pelaksanaan pengambil keputusan terprogram dapat mendelegasikan kepada bawahan. akan tetapi, pada pengambilan keputusan tidak terprogram biasanya tidak dapat didelgasikan. Salah satu strategi untuk meningkatkan jumlah keputusan terprogram adalah menspesifikasikan norma untuk seluruh kondisi normal dan membiarkan norma keputusan terprogram mengenai kasus-kasus norma tersebut.

No comments:

Post a Comment