Blogger Widgets TENTANG MANAJEMEN: METODOLOGI ILMU EKONOMI

Monday, December 9, 2013

METODOLOGI ILMU EKONOMI

A. TEORI  EKONOMI

         Teori ekonomi adalah pernyataan atau sekumpulan pernyataan yang menggambarkan sifat-sifat hubungan ( sebab-akibat ) yang terjadi di dalam perekonomian, dan memprediksi setiap peristiwa jika suatu variabel ekonomi yang mempengaruhinya berubah.
          Suatu teori berusaha menjawab penjelasan sehingga memungkinkan kita melakuakan prediksi terhadap peristiwa-peristiwa yang belum atau sedang di observasi. Teori harus sesuai dengan data yang sebenarnya, dan jika bertentangan, maka teori harus diubah dan diganti dengan yang lebih sahih. Mamfaat dan kesahihan sebuah teori diukur dari kemampuan dan keakuratannya dalam menjelaskan dan memprediksi peristiwa yang diteliti.

B. ASUMSI-ASUMSI

Ekonom membuat asumsi untuk alasan yang sama, yaitu membuat dunia lebih mudah dimengerti. Tentang perilaku manusia, ekonom membuat asumsi tertentu dalam meneliti perilaku rumah tangga dan perusahaan. Rumah tangga diasumsikan selalu bersikap rasional dalam mewujudkan semua keinginan mereka. Dalam kaitan ini, asumsi yang diperlukan adalah rumah tangga senantiasa berusaha memaksimumkan kepuasan dari barang atau jasa yang mereka konsumsi, atau dalam istilah ekonomi disebut utility maximization assumption. Demikian pula dalam bentuk asumsi perusahaan senantiasa berusaha memaksimumkan laba yang mereka inginkan. Dalam istilah ekonominya ini memungkinkan para ekonomi dapat membuat prediksi tentang prilaku rumah tangga dan perusahaan.
Selain asumsi rasionalitas, ekonom juga sering menggunakan asumsi ceteris paribus dalam meneliti perilaku dua atau lebih variabel yang sering berhubungan. Sebutan lain untuk asumsi ini adalah hal-hal lain dianggap sama yang secara luas luas dipakai dalam analisis ekonomi. Yang dimaksud oleh asumsi ini adalah apabila kita meneliti dua variabel atau lebih salaing berhubungan, atau seling mempengaruhi, maka kita harus membuat pemisah hubungan atara variabel-variabelnya.



1 comment: