Blogger Widgets TENTANG MANAJEMEN: PENGETAHUAN MENGENAI KELUARAN

Tuesday, December 3, 2013

PENGETAHUAN MENGENAI KELUARAN

        Suatu keputusan mentukan mengenai hal-hal yang akan terjadi manakala suatu arah tindakan tertentu. Dalam analisis pengambilan keputusan, biasanya dibedakan menjadi 3 kategori dasar pengetahuan yang sangat dasar pengetahuan yang sangat berhubungan dengan keluaran, yaitu sebagai berikut.
  1.  Repastian, yaitu pengetahuan yang akurat dan lengkap mengenai keluaran setiap alternatif. Biasanya untuk satu alternatif hanya terdapat satu keluaran
  2. Resiko, yaitu keluaran yang mungkin timbul dapat dilekatkan pada setiap keluaran.
  3. Ketidakpastian, yaitu beberapa keluaran mungkin timbul dan dapat diidentifikasi tetapi tidak  ada pengetahuan tingkat kemungkinan yang dapat diletakkan kepada setiap keluarannya.
 Pengambilan keputusan rasional dilakukan apabila hanya kemungkinan berbagai keluaran saja diketahui adalah identik dengan kepastian. Akan tetapi dalam hal ini bukan memaksimumkan keluaran yang diterapkan. sebagai contoh, apabila manajer dihadapkan pada 3 pilihan alternatif, yang satu memberikan kemungkinan 15% keuntungan dari Rp.100.000.000 yang kedua 25% dari kemungkinan keuntungan 75.000.000 dan yang lainnya 40% dan kemungkinan keuntungan 50.000.000 maka manajer sebagai pengambilan keputusan yang rasional akan memilih yang ketiga karena memiliki nilai yang diharapkan lebih tinggi, yaitu kemungkinan X keluaran nilai yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment